Mayoritas guru di MI Negeri 7 Tulungagung mengikuti pelatihan kurikulum 2013, namun masih banyak guru yang kesulitan membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Menurut hasil monitoring dan evaluasi Kepala Madrasah, hanya 10% guru yang mampu menyusun perangkat pembelajaran terbaru. Salah satu penyebabnya adalah 1) kurangnya sosialisasi, 2) pendampingan dan bimbingan, dan 3) jadwal guru yang padat. Selain itu, siswa pada program pendidikan Persiapan 2013 tidak dapat berinteraksi dengan siswa lain. Padahal salah satu MI terpenting di wilayah Tulungagung adalah MI Negeri 7 Tulungagung yang bertanggung jawab dalam melaksanakan program pendidikan tahun 2013. Sehubungan dengan hal tersebut, berbagai upaya telah dilakukan untuk memberikan bimbingan dan dukungan secara terus menerus dengan maksud untuk meningkatkan keterampilan pendidik secara berurutan. Investigasi informasi dilakukan dengan bantuan pemeriksaan penjelasan subjektif. Penelitian ini menggunakan tahapan siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat langkah, meliputi: Observasi, Refleksi, dan Pelaksanaan Enam guru yang berpartisipasi dalam penelitian ini, semuanya berasal dari sekolah yang menjadi subjek penelitian, menunjukkan peningkatan kompetensi sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Copyrights © 2023