Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Desain penelitian One Group Pretest-Postest. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam riset ini melibatkan responden sebanyak 20 peserta didik. Peserta didik yang dipilih yakni dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena peneliti beranggapan jumlah populasi terlalu kecil sehingga digunakan secara keseluruhan. Dalam penelitian ini pengujian digunakan melalui program SPSS 25 sebagai alat bantu olah data statistik. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa 1) adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Peserta Didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Waru. 2) besarnya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada aspek kognitif peserta didik mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas IV SD Muhammadiyah 2 Waru. Kata Kunci: aspek kognitif, hasil belajar, model discovery learning.
Copyrights © 2023