Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan melakukan analisis terhadap pengalaman pengguna (user experience) pada aplikasi McDonald's. Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire dimana peneliti melakukan survei dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat secara daring dengan menggunakan media google form yang berisi instrumen pertanyaan mengenai pengalaman pengguna dan juga observasi dengan mengamati ulasan aplikasi McDonald’s pada Appstore dan Playstore. Untuk mengetahui populasi pada pengguna aplikasi McDonald's sehingga digunakan rumus Lemeshow dengan disimpulkan bahwa sempel yang akan digunakan minimal berjumlah 96 responden. Hasil pengukuran User Experience pada aplikasi McDonald’s memiliki kategori yang negatif pada semua kategori variabel dari Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan juga Kebaruan memiliki skor nilai kurang dari 0,8. Aplikasi McDonald's mendapatkan nilai skor yang negatif dalam memberikan pengalaman pengguna dengan aspek daya tarik dengan nilai -0,76, kualitas pragmatis dengan nilai -0,85 dan kualitas hedonis dengan nilai -0,85. Berdasarkan hasil analisis tersebut pengguna tidak merasakan kualitas pengalaman penguna yang memotivasi dan fungsionalitas, oleh karena itu aplikasi McDonald’s perlu melakukan analisis mendalam terhadap setiap kategori evaluasi dan identifikasi akar penyebab masalah pada aplikasi McDonald’s. serta melakukan kesesuaian pada pengguna, mendengarkan saran pengguna dan sampaikan recana perbaikan kedepannya agar lebih relevan dan bermanfaat bagi para pengguna.
Copyrights © 2024