Studi ini dilakukan di salah satu UMKM berbasisindustri kreatif di Kabupaten Rembang JawaTengah dengan tujuan untuk menganalisis factorpendukung, dan faktor penghambat bagi usahatersebut untuk bisa langgeng. Metode penelitianyang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatanstudi kasus. Pengumpulan data dilakukan melauiwawancara, obeservasi dan dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan faktor pendukungkelanggengan usaha antara lain: inovasi produk,ciri khas/keunikan, promosi, dukungan pemerintah,peluang bisnis yang belum banyak pesaing,kualitas produk, kemasan produk, sertifikasipangan, harga, tenaga kerja, letak tempat usaha,produk sesuai kebutuhan konsumen. Sedangkanfactor penghambar yaitu modal usaha, teknologiproduksi, bahan baku, cuaca, produk monoton,masih mengandalkan merek lain. Selanjutnya caramempertahankan antara lain: membesarkan skalausaha, membuat Inovasi, memiliki cirikhas/keunikan, promosi, peningkatan kualitasproduk, membuka lini produk baru, mengikutikegiatan pelatihan-pelatihan dan kompetisi untukmenambah pengalaman, wawasan dan jejaringsosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022