Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 5 No 1 (2024): April

Mandiri Busy Story Book Berbasis or Code Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita di SLB Muhammadiyah Sidayu

Aprilia, Rahmah Diva (Unknown)
Chasanah, Alyatul (Unknown)
Azizah, Nur Azmi (Unknown)
Fatin, Idhoofiyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Abstrak Siswa tunagrahita di SLB Muhammadiyah Sidayu memiliki tingkat kemandirian yang rendah sehingga diperlukan media pembelajaran yang cocok untuk mengatasiya. Mandiri Busy Story Book Berbasis QR Code merupakan salah satu jenis busy book yang memiliki alur cerita mulai dari bangun tidur hingga pulang sekolah yang dirancang untuk dapat meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita di SLB Muhammadiyah Sidayu dengan menggunakan Mandiri busy story book. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan beberapa tahapan utama yaitu pre-test, proses pendampingan, dan post-test. Hasil dari kegiatan pengabdian diketahui bahwa kemadirian siswa meningkat 90%. Pada pre-test, siswa rata-rata hanya menguasai 4 keterampilan meningkat menjadi 10 keterampilan dari 12 keterampilan yang ditargetkan. Keberhasilan tersebut terjadi karena media yang dirancang dapat membantu memperagakan kemandirian yang perlu dilatihkan kepada siswa sehingga siswa menjadi terbiasa dalam melakukan aktivitas kemandirian yang dibutuhkan. Kata kunci: tunagrahita, Kemandirian, Busy Book

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HMN

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health

Description

Humanism merupakan jurnal pengabdian masyaraka multidisiplin ilmiah. Jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya ini diharapkan menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian kalangan akdemisi ataupun peneliti. Artikel yang dimuat dalam jurnal humanism berbentuk pengabdian masyarakat ...