Jurnal Literasi Digital
Vol. 1 No. 2 (2021): Juli 2021

Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Gnomio Terhadap Hasil Belajar Siswa

Nasir Nasir (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Evita Anindiyan Huta Galung (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning berbasis gnomio terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis kelas X SMK Panca Marga Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pra eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Panca Marga Makassar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Instrumen dalam penelitian ini yang digunakan adalah bentuk tes dan teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa sebelum diterapkan e-learning berbasis gnomio adalah 58.42 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 45, sedangkan hasil rata-rata nilai siswa setelah menerapkan e-learning berbasis gnomio adalah 78.68 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 65. berdasarkan hasil perhitungan statistic inferensial menunjukkan thitung > ttabel (-9.160 > -1.734). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning berbasis gnomio berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan dapat dijadikan alternatif media pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...