Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efisiensi penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam upaya peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDN Segulung 04 Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan proses penelitian (1) pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi KAHOOT. (2) merencanakan bentuk tindakan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I. sedangkan indikator penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pada kelas IV SDN Segulung 04. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Segulung 04 tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama hanya 7 siswa (45%) yang mencapai nilai KKM (70), sedangkan 11 siswa (55%) berada di bawah nilai KKM. Siklus kedua menunjukkan bahwa hanya 2 siswa (7%) yang nilainya tidak mencapai nilai KKM. Sementara 16 siswa (93%) yang nilainya melampaui nilai KKM. Hal ini menggambarkan bahwa pembelajaran menggunakan Aplikasi KAHOOT telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan hasil belajar metematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDN Segulung 04.
Copyrights © 2022