Jurnal Literasi Digital
Vol. 2 No. 1 (2022): Maret 2022

Pemanfaatan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Perkalian dan Pembagian Siswa Sekolah Dasar

Dimas Anggadita Wardana (SDN Segulung 04 Dagangan Kabupaten Madiun)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efisiensi penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam upaya peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDN Segulung 04 Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan proses penelitian (1) pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi KAHOOT. (2) merencanakan bentuk tindakan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I. sedangkan indikator penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pada kelas IV SDN Segulung 04. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Segulung 04 tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama hanya 7 siswa (45%) yang mencapai nilai KKM (70), sedangkan 11 siswa (55%) berada di bawah nilai KKM. Siklus kedua menunjukkan bahwa hanya 2 siswa (7%) yang nilainya tidak mencapai nilai KKM. Sementara 16 siswa (93%) yang nilainya melampaui nilai KKM. Hal ini menggambarkan bahwa pembelajaran menggunakan Aplikasi KAHOOT telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan hasil belajar metematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV SDN Segulung 04.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...