Tujuan penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar IPS materi Perkembangan Teknologi siswa Kelas IV SDN Sareng 01 dengan menggunakan Metode Group Investigation karena dari penelitian awal keberhasilan yang diperoleh dari materi yang sama menunjukkan hasil < 50%. Penelitian menggunakan Model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan 2 siklus. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Sareng 01(18 siswa). Data penelitian melalui tes tulis, lembar observasi dan pengamatan pembelajaran dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil tes tulis siklus I didapatkan rata-rata nilai siswa 75 dengan 11 siswa (61,1%) mendapat nilai > 75. Penilaian terhadap pengelolaan pembelajaran menggunakan Group Investigation belum maximal (60%) sedang respon siswa terhadap pembelajaran juga kurang tertarik atau kurang berminat (73,3%). Hasil pada Siklus II siswa yang mendapat nilai < 75% ada 2 siswa (11 %) sedang siswa yang mendapat nilai > 75 ada 16 siswa (89%) pengelolaan pembelajaran menggunakan Metode Group Investigation sudah maximal (100%) serta respon siswa terhadap pembelajaran tertarik dan berminat. Jadi penggunaan Metode Group Investigation dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV. Temuan dalam penelitian ini adalah diketahui bahwa sangat besar peningkatan hasil belajar siswa, pengelolaan pembelajaran dan respon siswa terhadap perkembangan teknologi dengan menggunakan metode Group Investigation pada siklus I dan siklus II.
Copyrights © 2022