Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran menggunakan Blok Pecahan di kelas 2 SDN Tambakmas 01 Madiun dimana masih rendahnya pemahaman siswa tentang bilangan pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang digunakan adalah PTK dengan dua siklus. Masing- masing siklus terdiri atas (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan, (c) Observasi, dan (d) Refleksi . Instrument yang digunakan adalah (a) Pedoman Observasi, (b) Tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pemahaman bilangan pecahan siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I (68,75%), siklus II (93,75%). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran menggunakan Blok Pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 2 SDN Tambakmas 01 Madiun, serta media ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran matematika.
Copyrights © 2023