Jurnal Literasi Digital
Vol. 3 No. 1 (2023): Maret 2023

Penggunaan Media Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Bilangan Pecahan Pada Siswa SDN Tambakmas 01 Madiun

Siti Robiah Wulansari (SDN Tambakmas 01 Madiun)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran menggunakan Blok Pecahan di kelas 2 SDN Tambakmas 01 Madiun dimana masih rendahnya pemahaman siswa tentang bilangan pecahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan yang digunakan adalah PTK dengan dua siklus. Masing- masing siklus terdiri atas (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan, (c) Observasi, dan (d) Refleksi . Instrument yang digunakan adalah (a) Pedoman Observasi, (b) Tes. Dari hasil analisis didapatkan bahwa pemahaman bilangan pecahan siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I (68,75%), siklus II (93,75%). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran menggunakan Blok Pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 2 SDN Tambakmas 01 Madiun, serta media ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jld

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Literasi Digital imerupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Literasi Digital menerbitkan hasil penelitian dibidang teknologi pendidikan dan pembelajaran. Artikel pada jurnal menyajikan isu terkait Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sistem Pembelajaran ...