Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran animasi berbasis powtoon pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi perpindahan panas atau kalor dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini menggunakan metode pre-Experimental Design dengan menggunakan satu kelas sampel dalam bentuk pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 66 Batu Rape Kabupaten Enrekang Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes dan angket respon siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posttest yang diberikan berkaitan dengan materi yang diterima siswa dalam bentuk pilihan ganda dan essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan software SPSS. Berdasarkan analisis data pembahasan hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam materi perpindahan panas atau kalor dalam kehidupan sehari-hari dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi berbasis powtoon terhadap hasil siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh t tabel = 1.746 dan t hitung = 4.232. Hal ini menunjukkan t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Respon dari siswa menunjukkan adanya respon positif, siswa menyukai cara belajar dengan menggunakan media pembelajaran animasi berbasis powtoon. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah skor rata-rata persentase yang dijawab oleh responden adalah 62,2 dimana masuk dalam kategori Tertarik dengan range (60% - 80%). Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran animasi berbasis powtoon dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa SDN 66 Batu Rape dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran tersebut. Temuan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran animasi berbasis powtoon terhadap pembelajaran.
Copyrights © 2022