Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui desain pembelajaran inkuiri berorientasi e-learning berbasis pendidikan karakter pada mata kuliah multimedia, 2) mengetahui kelayakan pembelajaran inkuiri berorientasi e-learning berbasis pendidikan karakter pada mata kuliah multimedia, 3) mengidentifikasi keefektifan pembelajaran inkuiri berorientasi e-learning berbasis pendidikan karakter dalam mata kuliah multimedia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall. Subjek yang diuji kelayakannya dan diuji keefektifannya adalah mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket, tes hasil belajar, dan lembar observasi perilaku karakter. Analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t) digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang mempelajari mata kuliah multimedia, sebelum dan sesudah menggunakan Edutech Smart e-learning. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran multimedia. Perlu diupayakan pengembangan e-learning dengan mengoptimalkan metode penyajian yang lebih variatif.
Copyrights © 2023