Siswa harus memiliki berbagai keterampilan jika mereka ingin menjadi lebih kompetitif, terutama di sektor sumber daya manusia abad ke-21. Teknologi dan media pembelajaran dapat membantu belajar. Kurangnya inovasi dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran menyebabkan siswa tidak mencapai tujuan pembelajaran dan menguasai kompetensi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan untuk mengembangkan teknologi berbasis flipbook terintegrasi dengan media pembelajaran. Siswa akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan kemampuan literasi sains mereka dengan cara ini. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan survei sebagai tekniknya. Data diperoleh melalui pengamatan dan angket yang diperlukan. Data kuantitatif dari angket berikutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Persentase ditampilkan dalam bentuk tabel. Sekitar 70 siswa di sekolah menengah atas kelas satu dan dua adalah subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27,1% bahan ajar cetak dan 35,7% siswa mengatakan guru masih menggunakan media PowerPoint. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melihat kemungkinan untuk berkembang dan menggunakan flipbook sebagai sumber pendidikan digital. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi guru untuk membuat dan menerapkan media pembelajaran digital berbasis flipbook yang membantu siswa belajar.
Copyrights © 2023