Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) langkah-langkah pembelajaran menulis cerita pengalaman pribadi dengan menggunakan ragam deduktif induktif sesuai tata bahasa baku bagi dosen sertifikasi gelombang I tahun 2020 di Universitas Dehasen Bengkulu, (2) peningkatan menulis cerita pengalaman pribadi dengan menggunakan ragam deduktif induktif sesuai tata bahasa baku. Kegiatan dilaksanakan melalui observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dokumentasi dan teknik tes. Instrumen penelitian menggunakan tes dan nontes. Dalam analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengabdian disimpulkan adanya peningkatan kemampuan dosen dalam menulis deskripsi diri pengalaman pribadi dengan menggunakan ragam deduktif induktif sesuai tata bahasa baku. Peningkatan kemampuan menulis descripsi diri dan pengalaman pribadi dengan menggunakan ragam deduktif induktif sesuai tata bahasa baku. Kata Kunci: Pelatihan tata bahasa, deskripsi diri, sertifikasi dosen
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020