QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 14, No 2 (2023): Oktober 2023

KONSEPSI PESERTA DIDIK MELALUI TES DIAGNOSTIK TWO TIER DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Santoso, Tri (Unknown)
Ahmar, Dewi Satria (Unknown)
Afadil, Afadil (Unknown)
Magfirah, Magfirah (Unknown)
Sukmawati, Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi peserta didik pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mendeskripsikan konsepsi peserta didik yang meliputi pemahaman konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 siswa yang berasal dari 2 sekolah SMA yakni SMAN 1 Balaesang dan SMAN 2 Balaesang yang berlokasi di Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik two tier dengan nilai validitas sebesar 0,88 dan nilai reliabilitas sebesar 0,77 dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsepsi peserta didik di SMAN 1 Balaesang untuk kategori paham konsep sebesar 64,4%, untuk kategori miskonsepsi sebesar 23,4%, dan untuk kategori tidak paham konsep sebesar 12,2%. Konsepsi peserta didik di SMAN 2 Balaesang untuk kategori paham konsep sebesar 59,9%, kategori miskonsepsi sebesar 26,1%, dan kategori tidak paham konsep sebesar 13,9%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...