Perkembangan sosial-emosional pada anak dipengaruhi oleh lingkungan terutama oleh lingkungan keluarga, perkembangan sosial-emosional pada anak panti asuhan dengan anak yang tidak diasuh di panti asuhan tentunya berbeda, adanya penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran besar dari pengasuh di panti asuhan dalam menstimulasi perkembangan sosial-emosional anak usia dini di panti asuhan, serta memaparkan faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif (studi kasus). Hasil dari penelitian ini yaitu adalah perkembangan sosial-emosional pada anak panti asuhan berbeda dengan anak pada umumnya dikarenakan tidak adanya figure keluarga yang lengkap. Perkembangan sosial-emosional pada anak panti asuhan Madania meliputi kemampuan sosial anak berinteraksi dengan orang sekitarnya, pembentukan pribadi, penerimaan diri, konsep diri, penerimaan diri, dan indikator perkembangan lainnya seperti perkembangan kognitif. Keberhasilan Perkembangan sosial-emosional tidak lepas dari peran pengasuh panti sebagai penganti orang tua seperti mengajarkan pengendalian emosi, mengolah dan mengekspresikan emosi serta membina hubungan dengan orang lain disekitarnya. Terlepas dari itu terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi perkembangan sosial-emosional anak panti asuhan Madania.
Copyrights © 2023