Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis majas perbandingan yang terdapat dalam kumpulan puisi “Dancing Rain” karya Jane Ardaneshwari dan impelmentasinya dalam pengajaran apresiasi sastra di sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Tarigan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa majas perbandingan yang terdapat dalam antologi puisi total ada 10 majas perbandingan yaitu majas perbandingan perumpamaan, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, anitesis, pleonasme, perifrasis, prolepis, dan koreksio. Pembelajaran apresiasi sastra di SMP kita bisa lihat dengan adanya berbagai macam gaya bahasa yang beragam dan bervariasi cukup sulit untuk diajarkan kepada siswa sehingga pemahaman siswa kurang memadai untuk mengerti tentang majas terutama pada contoh gaya bahasa yang terdapat pada puisi Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa majas dalam kumpulan puisi dancing rain karya Jane Ardaneshwari yang paling dominan dari kategori berbagai majas lainnya. Hal tersebut disebabkan karena majas memiliki hubungan yang sangat penting dalam pembelajaran apresiasi sastra di smp yaitu salah satunya dengan puisi yang didalamnya memiliki majas yang membuat isi dari puisi menjadi hidup dan menarik.Kata kunci: Majas, Puisi, Pembelajaran Apresiasi Sastra
Copyrights © 2023