Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran discovery learning berbasis alat peraga memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SD. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental. Dimana satu kelas dijadikan sebagai kelas penerapan dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning berbasis alat peraga. One Group Pretest-posstest Design merupakan desain dari penelitian ini. Siswa kelas V A SD Inpres Minasa Upa I Kota Makassar merupakan populasi dari penelitian ini. Siswa tersebut berjumlah 18 orang adalah sampel dari penelitian dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Tes hasil belajar siswa digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan merupakan alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Ada dua analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari hasil analisis deskripstif hasil belajar siswa sebelum penerapan dan setelah penerapan terdapat perbedaan yang sangat signifikan yaitu hasil belajar siswa meningkat pada saat penerapan. Berdasarkan hasil uji z Wilcoxon diperoleh hasil bahwa -3,240 (tanda negatif diabaikan) = 1,645 dengan demikian model pembelajaran discovery learning berbasis alat peraga memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Adapun hasil sig diperoleh 0,001 karena diuji 2 sisi sehingga signifikasinya menjadi 0,001/2 = 0,0005. Disini dapat disimpulkan bahwa 0,0005 0,05 maka model pembelajaran discovery learning berbasis alat peraga memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022