Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Desain Didaktis Pengenalan Konsep Pembagian untuk Kelas II Sekolah Dasar

Neshi Neshi (Universitas PGRI PALEMBANG)
Nyiayu Fahriza Fuadiah (Universitas PGRI PALEMBANG)
Aldora Pratama (Universitas PGRI PALEMBANG)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini untuk membuat desain didaktis konsep pembagian untuk siswa kelas II Sekolah Dasar berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO). Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Design Reseacrh) yang meliputi tiga tahap yaitu: 1) analisis prosfektif, 2) analisis metapedadidaktik dan 3) analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO) disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) meliputi: 1) tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, 2) aktivitas pembelajaran yang mendukung tujuan dan 3) dugaan-dugaan matematis sebagai hasil aktivitas yang dilandaskan pada level berpikir dan konsep materi dengan bantuan media dan konteks yang sesuai dengan karakter siswa, kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi konsep pembagian. Hasil penelitian menunjukan bahwa rancangan desain didaktis yang sudah diujicobakan pada pembelajaran siswa kelas II materi pengenalan konsep pembagian dapat menjadi sebuah solusi yang tepat untuk guru berdasarkan hambatan belajar yang dialami siswa.

Copyrights © 2023