Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Berbasis Kearifan Lokal Kelas IV SDN 2 Surabaya

Musabihatul kudsiah (Unknown)
Baiq Dini Rahayu Wardani (Unknown)
Irma Puspita Dewi (Unknown)
Muhammad Abdul Aziz (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika materi pecahan berbasis kearifan lokal menggunakan desain penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah disederhanakan menjadi 7 langkah, yaitu (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian terbatas, (5) revisi hasil uji produk, (6) uji produk utma, (7) revisi produk akhir. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV dengan jumlah 11 peserta didik. Instrumen penelitian dan pengembanngann ini menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil uji validasi ahli desain media dengan jumlah skor 93 berada pada rentang skor X>83,94 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor sebesar 90 berada pada rentang skor X>83,94 dengan kategori “sangat baik”. Hasil dari angket respon peserta didik terhadap kevalidan dan kefektifan penggunaan modul yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 50,53 dan berada pada rentang 39<X≤51 dengan kategori “cukup baik”. Sehingga dapat disimpulkan, modul pembelajaran matematika materi pecahan berbasis kearifan lokal valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar

Copyrights © 2023