Journal of The Civil Engineering Student
Vol 3, No 1 (2021): Volume 3, Nomor 1, April 2021

Perbedaan Karakteristik dan Pelanggaran Lalu Lintas oleh Pengendara Sepeda Motor pada Jalan Krueng Raya-Banda Aceh dan Jalan Banda Aceh-Meulaboh

Farah Fadillah (Unknown)
Renni Anggraini (Universitas Syiah Kuala)
Muhammad Ahlan (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2021

Abstract

Pelanggaran yang diakibatkan oleh pengemudi kendaraan di jalan raya merupakan salah satu faktor timbulnya kecelakaan lalu lintas. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya angka kecelakaan, khususnya kecelakaan yang diakibatkan pengendara sepeda motor. Menurut Kepolisian Republik Indonesia tahun 2016 dan 2018, angka kecelakaan lalu lintas akibat sepeda motor adalah yang tertinggi dibandingkan jenis kendaraan yang lain. Banyaknya kasus pelanggaran dan ketidakdisiplinan pengendara inilah yang harus menjadi acuan agar keselamatan dalam berkendara yang aman dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara volume lalu lintas, kecepatan sepeda motor dan pelanggaran lalu lintas terhadap besarnya angka kecelakaan serta untuk mengetahui perbedaan pelanggaran yang signifikan pada pengendara sepeda motor antara dua ruas jalan yaitu Jalan Krueng Raya-Batas Kota Banda Aceh dan Jalan Banda Aceh-Meulaboh. Penelitian dilakukan dengan metode observasi pada objek penelitian yaitu volume kendaraan, kecepatan sepeda motor, dan pelanggaran pengendara sepeda motor. Penelitian ini menggunakan dua surveyor pada masing-masing ruas jalan dengan menggunakan instrumen berupa formulir survei dan alat rekam. Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus chi-square dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penyajian data menggunakan distribusi frekuensi untukĀ  mendapatkan persentase dan uji statitik chi-square untuk mendapatkan nilai hipotesis. Hasil penelitian didapatkan bahwa Jalan Krueng Raya-Batas Kota Banda Aceh sebagai jalan dengan angka kecelakaan tinggi memiliki volume lalu lintas rendah, kecepatan sepeda motor tinggi, dan pelanggaran pengendara sepeda motor tinggi sedangkan Jalan Banda Aceh-Meulaboh sebagai jalan dengan angka kecelakaan rendah memiliki volume lalu lintas tinggi, kecepatan sepeda motor yang rendah, dan pelanggaran pengendara sepeda motor rendah. Nilai yang didapat pada pengujian chi-square untuk kedua jalan bahwa nilai Xhitungchi-square tabel, sehingga hipotesis Ha yang diterima yaitu ada perbedaan pelanggaran pengendara sepeda motor pada jalan yang memiliki angka kecelakaan tinggi dan angka kecelakaan rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CES

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Journal of The Civil Engineering Student (JOCES) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala. Jurnal ini memuat artikel dari hasil tugas akhir mahasiswa/i di Jurusan Teknik Sipil untuk dipublikasikan, baik dari Universitas ...