JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

REPRESENTASI MOTIVASI PADA LIRIK LAGU “SEBUSUR PELANGI” KARYA NONARIA (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Dewa Made Diva Aditama (Unknown)
Asrul Nur Iman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat representasi motivasi yang terkandung dalam lirik lagu “Sebusur Pelangi” karya NonaRia berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, penelitian dengan cara menganalisis guna untuk merepresentasikan interpretasi dari bahan tertulis yaitu lirik lagu. Berdasarkan konteksnya, dalam hal ini berupa pemaknaan dalam ranah motivasi yang berusaha disampaikan NonaRia untuk pendengar lagunya. Perihal motivasi, pada penelitian ini menggunakan salah satu bagian dari konsep yang dikemukakan oleh Abraham Maslow guna untuk menyatukan interpretasi antara peneliti dan pembaca terkait motivasi. Teori yang menjadi dasar penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes dengan metode analisis yang berfokus pada tiga elemen utama yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil dari penelitian didapat dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, dengan cara menganalisis setiap baitnya karena dalam penggunaannya lirik tersebut menggunakan kalimat sebagai perumpamaan. Penelitian ini menemukan hasil bahwasanya makna yang terkandung dalam lagu “Sebusur Pelangi” ini adalah suatu pesan motivasi untuk tetap selalu berpengharapan atas segala kesulitan yang terjadi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...