JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 5, No 2 (2016)

PERANAN HUMAS PT. PLN (PERSERO) APJ BANTEN UTARA SEBAGAI FASILITATOR KOMUNIKASI (STUDI KASUS MENGENAI PEMADAMAN PENERANGAN JALAN UMUM DESEMBER 2009)

Annisa rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2017

Abstract

PT. Perusahaan Listrik Negara dalam menjalankan salah satu fungsinya memberikan fasilitaspenerangan jalan umum (PJU) yang manfaatnya dirasakan oleh publik. Sebagai pemberi fasilitas terhadappublik, apabila terjadi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh masyarakat, maka PT. PLN (persero) APJ BantenUtara akan mendapatkan feed-back negatif. Seperti dalam kasus pemadaman PJU Kota Serang yangdipadamkan sementara oleh PT. PLN (persero) APJ Banten Utara. Peranan Humas adalah sebagai ujungtombak perusahaan, karena itu, apabila terjadi masalah yang berhadapan dengan publik, baik publik yangbersentuhan langsung maupun yang tidak dengan kepentingan-kepentingan harus menjadi perhatian terhadapmasalah-masalah perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakanpenelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi,dan dokumentasi. Sebagai dasar analisis peneliti menggunakan konsep peranan humas dari Dozierdan Glen M. Broom. Setelah melalui proses penelitian, maka diperoleh hasil penelitiannya, yaitu: bahwaperan humas PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara dalam pemadaman jalan umum 2009 sebagai communicationfacilitator, diantaranya: Sebagai Fasilitator Penghubung, Sebagai Fasilitator Penerjemah, Sebagaifasilitator Mediator Organisasi dan Publik dalam perusahaan merupakan salah satu kunci penting untukpemahaman fungsi humas dan komunikasi terhadap publik dan perusahaannya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...