JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

OPINI PEMBACA BERITA DALAM MENGGUNAKAN CLICKBAIT DI MEDIA ONLINE TRIBUNNEWS.COM

Lobrianti Elsalsa (Universitas Riau)
Tutut Ismi Wahidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penggunaan tulisan headline berita oleh Tribunnews berhasil menarik perhatian banyak orang untuk membuka dan membaca isi berita Tribunnews. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana opini pembaca dalam menggunakan clickbait di media online Tribuunews.com dan bagaimana dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah, pembaca menyimpulkan pendapatnya sendiri ketika baru membaca judul dan dampak yang dirasakan menjadi semakin penasaran untuk membaca berita tersebut dan merasa kecewa jika judul dan isi yang dituliskan berbeda. Penelitian menggunakan teori opini publik, Kegiatan menganalisis opini publik sangat diperlukan untuk melihat bagaimana opini dan dampak yang ditimbulkan oleh pembaca dalam menggunakan clickbait di media online Tribunnews.com dalam penelitian ini. Informan memiliki pendapat versi mereka sendiri tentang penggunaan clickbait, kemasan berita dan fenomena Clickbait. Mayoritas pendapat menyatakan setuju dengan penggunaan Clickbait selama judul dan isi berita relevan sehingga hanya bertujuan untuk menarik minat pembaca dalam membaca berita tersebut.Kata kunci: Clickbait, Tribunnews.com, opini, berita, media online

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...