JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 7, No 2 (2018)

ADVOKASI KETERLIBATAN LAKI-LAKI DALAM PEMBERIAN ASI OLEH KOMUNITAS AYAH ASI MELALUI TWITTER

Eni Maryani (Unknown)
Rayyan Raima Zuriyyatina (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2019

Abstract

Konstruksi masyarakat dalam budaya patriarki terkait tentang peran laki-laki dan perempuan salah satunya menganggap urusan mengurus atau merawat anak khususnya bayi adalah tanggung jawab perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terbentuknya komunitas Ayah ASI dan pemanfaatan akun twitter @ID_AyahASI untuk advokasi oleh komunitas Ayah ASI. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan dan wawancara mendalam, observasi dan studi literature. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terbentuknya komunitas Ayah ASI diawali dengan kesadaran laki-laki untuk lebih berperan dalam kesehatan bayinya kebutuhan laki-laki terkait saluran komunikasi dan media untuk mengembangkan pengetahuannya tentang ASI. Penggunaan twitter oleh komunitas Ayah ASI menggunakan sudut pandang dan cara komunikasi laki-laki dalam menyebarkan informasi atau membahas kesehatan anak termasuk ASI. Selain itu twitter juga dapat memfasilitasi proses advokasi yang bersifat interaktif dan tidak hanya melibatkan anggota komunitas Ayah ASI akan tetapi juga para follower dan pengguna twitter lainnya. Penelitian ini merekomendasikan adanya pertemuan rutin komunitas Ayah ASI secara langsung untuk memastikan partisipasi di media digital terealisasi dalam kehidupan sehari-hari dan mereka dapat menciptakan ruang baru untuk komunikasi yang lebih baik antara ayah dan ibu dalam membahas kesehatan bayi di twitter dengan tagar #AyahIbu ASI.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...