JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Pola Komunikasi Buzzer menyikapi kebijakan pemerintah menaikan harga BBM 2022

Femi Lovitha Deya Monicyara (Universitas Ahmad Dahlan)
Kharisa Alifia Putri (Universitas Ahmad Dahlan)
Sabri Sabri Sabri (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Perkembangan teknologi membawa fenomena baru yaitu buzzer. Buzzer digunakan untuk membuat sebuah topik yang hangat diperbincangkan di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola komunikasi buzzer dalam menyikapi kenaikan BBM 2022. Riset ini memakai paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buzzer menggunakan pola komunikasi sekunder dalam praktiknya, buzzer membagikan narasi mengenai kenaikan BBM 2022 melalui media sosial untuk membuat khalayak mempengaruhi dengan narasi yang telah dibuat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...