Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Vol 7 No 1 (2024): Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SEKOLAH

al-Wafi, M. Sadid (Unknown)
Novrizal, Novrizal (Unknown)
Ridwan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di sekolah, sehingga dengan ini dapat dijadikan konsep alternatif pengembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kepustakaan, di mana data-data primer diperoleh dari buku, dokumen, dan artikel jurnal. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah; 1) Nilai dan prinsip pluralisme, humanisme dan demokrasi dalam multikulturalisme sejalan dengan ajaran agama Islam; 2) Dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di sekolah dapat mengembangkan konsep “Manusia Budaya” dengan menggunakan strategi pengajaran model Problem Solving Based Learning (PBL) dan dengan metode pengajaran yang lebih bervariasi, seperti: diskusi, studi kasus, kontribusi, pengayaan, dan aksi sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurdir

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Dirasah adalah jurnal pemikiran dan pendidikan dasar islam, tema yang dibahas sangt relevan dengan dunia kependidikan dasar islam dan menjadi bahan referensi internal terutama pada studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, meliputi bidang pembelajaran bahasa Indonesia, matematika, kewarganegaraan, ...