JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 4 No 3 (2023)

Instagram sebagai Salah Satu Alat Pemasaran pada UMKM Widi Unique Kudus

Endang Supriyati (Universitas Muria Kudus)
Mohammad Iqbal (Universitas Muria Kudus)
Tri Listyorini (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Sosial media digunakan untuk mempromosikan bisnis dari seseorang interpreneur. Pertumbuhan teknologi sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk pelaksana bisnis guna mempromosikan serta memajukan bisnisnya secara luas dengan memanfaatkan aplikasi online misalnya instagram, facebook , tiktok dan lainnya. Pengabdian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana Widi Uniques UMKM memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Dalam kegiatan pengabdian ini, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa perencanaan diawali dengan menganalisis masalah, mengidentifikasi masalah yang dihadapi serta menganalisis khalayak untuk mencapai sasaran yang tepat. Selanjutnya, pilih Instagramsebagai saluran komunikasi dan media untuk mendukung Widi unique dalam proses komunikasi pemasaran. Widi Unique melakukan pemasaran online dengan melakukan aktivitas media sosial menggunakan fitur foto dan video untuk menampilkan produk, komentar interaktif, caption dan penempatan postingan, hashtag, tag dan Instagram Stories untuk membantu menyebarkan berita. Dari evaluasi penggunaan Instagram dapat disimpulkan bahwa semua produk terjual dan Widi unique memperoleh keuntungan sesuai tujuannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurpikat

Publisher

Subject

Dentistry Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

JURPIKAT Publication (Journal of Community Service) is a source of information that aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service. JURPIKAT (Journal of Community Service) specifically focuses on the main problems in ...