Model pembelajaran The power of two merupakan aktivitas pembelajaran yang digunakan untuk mendorong pembelajaran kooperatif dan memperkuat arti penting serta manfaat sinergi dua orang. Strategi ini mempunyai prinsip bahwa berpikir berdua jauh lebih baik daripada berpikir sendiri. Aktivitas pembelajaran dengan kekuatan dua orang, digunakan untuk meningkatkan pembelajaran dan menegaskan bahwa dua kepala adalah lebih baik dari pada sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan motivasi belajar siswa SMP Katholik Frater Maumere melalui model pembelajaran The power of two. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Katholik Frater Maumere 46 orang siswa. Tes dilakukan setiap akhir siklus I dan II setelah mengikuti proses belajar mengajar berlangsung. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran The power of two pada konsep struktur dan fungsi tubuh tumbuhan dapat dilaksanakan dengan baik dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Hasil motivasi belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 73,91 dan siklus II 82,60. Hal ini juga menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran The power of two
Copyrights © 2022