Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Somatic, Auditory, Visualization, Intelectual (SAVI) Terhadap Minat untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Tujuan penelitian ini yaitu melihat pengaruhi model pembelajaran tipe SAVI terhadap minat dan hasil belajar matematika pada siswa/i SMK Negeri 1 Palopo kelas XI Akuntansi 1. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Desain penelitian Yang digunakan yaitu one group Pretest-Postest design. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket minat belajar siswa, Pretest-Postest, dan lembar observasi keterlaksaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran tipe SAVI, nilai rata-rata dari minat belajar matematika siswa yaitu 115,32 dan nilai rata-rata hasil belajar matematika yaitu 23,80. setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI, nilai rata-rata minat belajar matematika siswa menjadi 123,32 dan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 82,65. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Palopo mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Somatic, Auditory, Visualization, Intelectual (SAVI) pada materi peluang dari kategori sangat rendah menjadi kategori tinggi
Copyrights © 2022