JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 5 No 1 (2024)

Penerapan Personal & Product Branding dalam Sektor UMKM di Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Yenni Fatman (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Ahmad Irfan (5Universitas Islam Nusantara Bandung)
Afifah Nurul Syifa (5Universitas Islam Nusantara Bandung)
Iqbal Maulana Al Fikri (Universitas Islam Nusantara Bandung)
Juniawan Rizky Firdaus (Universitas Islam Nusantara Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Personal branding dalam sektor UMKM merujuk pada usaha seorang pemilik atau pemimpin bisnis UMKM untuk membangun serta mempromosikan citra diri mereka sebagai komponen yang tak terpisahkan dari merek bisnis tersebut. Proses ini melibatkan pemanfaatan reputasi, nilai-nilai, kepribadian, dan keahlian pribadi untuk memperkuat serta mendukung citra merek UMKM. Dalam penelitian ini, terdapat dua jenis sumber data yang digunakan, yaitu data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan berbagai teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Terlebih dahulu peneliti melakukan observasi awal dalam penelusuran fenomena, yang berarti mengamati langsung situasi atau kejadian terkait dengan penelitian. Hasil dari pelaksanaan penelitian adalah peningkatan minat masyarakat, khususnya UMKM, untuk mendirikan toko online dan melakukan perubahan desain guna meningkatkan merek mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurpikat

Publisher

Subject

Dentistry Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

JURPIKAT Publication (Journal of Community Service) is a source of information that aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service. JURPIKAT (Journal of Community Service) specifically focuses on the main problems in ...