Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced
Vol. 2 No. 1 (2024): Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and A

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMAN 1 SAKTI

Mardalena (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IX materi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 melalui model pembelajaran PBL (Problem Basic Learning) pada SMPN 3 Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas1 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 30 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi sebelum menggunakan model PBL dan setelah menggunakan model PBL. Hasil dari penerapan pedekatan Scientific pada pembelajaran sejaah dapat dilihat dari tabel pertama sebelum diterapkan pendekatan ini masih 25% yang memiliki self confident dalam pembelajaran. Akan tetapi setelah diterapkan pendekatan ini didapati hasil 50% siswa sudah aktif pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

future

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced is an open-access, peer-reviewed journal and is rated according to international publication standards published by Yayasan Sagita Akademia Maju, Indonesia. Future Academia is dedicated to developing studies of ...