Jurnal Pendidikan Anak
Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Anak

Pengaruh Permainan Interaktif Berbasis Flash Terhadap Kemampuan Mengenal Gamelan di Taman Kanak-kanak

Yosimi Ratna Puti Annisa (Unknown)
Ika Wahyu Wiranti (Unknown)
Saras Mareta Ratri (Unknown)
Galuh Yuliasih Condrosari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh permainan interaktif berbasis flash terhadap kemampuan mengenal gamelan di Taman Kanak-kanak. Kemampuan anak mengenal gamelan mencakup mengenal bentuk, nama, dan suara. Penelitian menggunakan permainan interaktif GamelanD. Sampel mengambil 15 anak kelompok B TK A1 Amien Jetis Yogyakarta. Penelitian menggunakan eksperimen sederhana model one group pretest postest. GamelanD dapat digunakan untuk melatih anak mengenal gamelan. Kenaikan rerata pretes dan posttest meliputi; 1) 3,67 pada indikator mengenal nama; 2) 3,14 pada indikator mengenal bentuk; dan 3) 4,40 pada indikator mengenal suara. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretes dan postes dalam kemampuan mengenal gamelan melalui permainan interaktif GamelanD. Kata kunci: gamelanD, flash

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...