Jurnal Pendidikan Anak
Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Anak

Tingkat keterampilan sosial anak tk kelompok b di gugus II kecamatan berbah sleman Yogyakarta

Yuana Resmasari (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterampilan sosial anak TK Kelompok B di Gugus II Kecamatan Berbah, Sleman. Penelitian ini fokus pada keterampilan sosial meliputi keterampilan berkomunikasi, menjadi bagian kelompok, kerja sama, kontrol diri, empati dan tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Gugus II Kecataman Berbah berjumlah 93 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Gugus II Kecataman Berbah, Sleman masuk dalam tingkat yang sangat tinggi karena mencakup 49 anak dengan persentasenya 53%; kemudian pada tingkat yang tinggi berjumlah 30 anak dengan persentasenya 32%; tingkat sedang berjumlah 13 anak dengan persentasenya 14%; tingkat rendah berjumlah 1 anak dengan persentasenya 1%; dan tingkat yang sangat rendah berjumlah 0 anak dengan persentasenya 0%. Keluarga, lingkungan, dan sekolah memiliki peran penting dalam perolehan keterampilan sosial anak yang sangat tinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...