Jurnal Pendidikan Anak
Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Anak

Pengaruh permainan tradisional dayakan dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini

Rosi Tunas Karomah (Prodi PIAUD FITK UIN Sunan Kalijaga, Prodi Psikologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Raden Rachmy Diana (Prodi PIAUD FITK UIN Sunan Kalijaga, Prodi Psikologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Perkembangan sosial emosional pada anak usia dini perlu mendapat stimulasi yang tepat agar dapat berkembang secara optimal. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu melalui permainan tradisional sebagai sarana pengenalan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa berpengaruh permainan tradisional dayakan dapat mengembangkan sosial emosional anak. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan design one group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 15 anak di TK Seloboro 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi instrumen data pretest dan posttest dengan memberikan sebuah treatment permainan dayakan. Analisis data menggunakan analisis Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan permainan tradisional dayakan sangat cocok dan mampu mengembangkan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini. Artikel ini berimplikasi untuk mendorong para pengajar menerapkan serta memanfaatkan permainan tradisional lainnya dalam mengembangkan berbagai perkembangan dalam diri anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...