Jurnal Pendidikan Anak
Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Anak

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUIMEDIA BALOK HURUF PADA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA BANTUL

Syari’ati Masyithoh (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui balok huruf pada kelompok B1 TK Negeri Pembina Bantul. Kemampuan membaca permulaan yang ditingkatkan ialah menyebutkan bunyi huruf yang ada didalam kata, menyebutkan kata dengan jelas, dan menyusun huruf membentuk kata yang memiliki makna. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Bantul sebanyak 17 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan  dapat meningkat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan balok huruf yang diberi penyangga sehingga memudahkan anak untuk mencoba menyusun huruf dengan cara diputar dan memberikan tantangan pada anak yang dilakukan secara bersamaan dengan teman menyerupai perlombaan, serta pemberian reward secara kongkret yakni menggambar bintang pada punggung telapak tangan anak.Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media balok huruf, kelompok B.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...