Pengarusutaman Moderasi beragama merupakan suatu hal yang urgen ditengah masyarakat Indonesia yang plural. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan pengenalan dan penerapan Nilai moderasi beragama di Raudhatul Athfal UIN Sunan Kalijaga. Peneliti memilih RA UIN Sunan Kalijaga dikarenakan lembaga ini menjadikan agama sebagai basis utama. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan tenaga pendidik RA UIN Sunan Kalijaga telah memahami tentang moderasi beragama dengan toleransi sebagai indikator utama. Bentuk pengenalan dan penanaman nilai moderasi beragama diantaranya nilai toleransi dalam bentuk tema pembelajaran “Aku ciptan Allah”, nilai kebangsaan dalam bentuk kegiatan upacara sekolah dan perayaan hari besar nasional, nilai anti kekerasan dalam bentuk melibatkan anak dalam pembuatan aturan ketertiban kelas dan nilai kebudayaan lokal dalam bentuk ekstrakurikuler tari dan hari Jum’at berbahasa jawa. Pengenalan dan penanaman dilakukan dengan menggunakan metode bercerita serta metode keteladanan dan pembiasaan, yang didukung dengan media gambar dan media boneka tangan.
Copyrights © 2023