Jurnal Pendidikan Anak
Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Anak

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJIPLAK PADA ANAK KELAS I DI SD NEGERI 9 TERANGUN

Yuliani Haj Mukaromah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2015

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menjiplak pada anak di SD Negeri 9 Terangun.  Subyek dalam kegiatan ini yaitu anak kelas I SD Negeri 9 Terangun.  Objek kegiatan yaitu kemampuan motorik halus.  Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus pada anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menjiplak menggunakan daun kering. Langkah-langkah pelaksanaan kegiatan menjiplak menggunakan daun untuk meningkatkan kemampuan motorik halus yaitu guru memberi penjelasan kepada anak mengenai kegiatan yang akan dilakukan, guru membimbing anak untuk membuat peraturan dalam permainan tersebut, guru mengajak anak untuk bermain di luar kelas, guru meminta anak untuk mencari daun- daun kering, setiap anak diminta untuk mengumpulkan tiga lembar daun, guru membimbing anak untuk menghitung daun yang sudah dikumpulkan masing-masing anak, guru membagikan kertas HVS dan pensil pada setiap anak, guru menjelaskan pada anak bagaimana cara menjiplak, anak diminta untuk menjiplak daun yang sudah dikumpulkan, anak diminta untuk mewarnai hasil menjiplak daun tersebut. Pada akhir kegiatan pembelajaran, setiap anak diminta untuk ke depan kelas menceritakan pengalamannya megumpulkan daun, kemudian menjelaskan daun apa yang sudah dijiplakKata kunci: kemampuan motorik halus, menjiplak, anak kelas I 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...