Jurnal Pendidikan Anak
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Anak

Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Media Puzzle Huruf Pada Anak Kelompok B1 TK Arum Puspita

- Syamsidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis anak dengan media puzzle huruf. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelompok B1 TK Arum Puspita Ciren, Triharjo, Pandak, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan hasil karya anak. Data proses kegiatan menulis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif, sedangkan hasil karya anak dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kegiatan menulis dan hasil karya anak mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil pengamatan proses kegiatan menulis, anak- yang terampil dalam menulis pada pra siklus ada 7 %, meningkat di akhir siklus menjadi 40 %, anak yang kurang terampil pada pra siklus ada 65 %, diakhir siklus menurun menjadi 7 %. Berdasarkan hasil karya tulisan anak pada pra siklus yang tergolong sangat baik tidak ada. Pada akhir siklus ketiga ada 40 %, yang proses menulisnya 0baik dari pra siklus ada 7 %, diakhir siklus ada 40 %, sedangkan anak yang proses menulisnya kurang baik menurun dari pra siklus ada 65 % menjadi 20 %, sehingga ada 80 % anak yang telah mencapai KKM. Dengan demikian akhir siklus ketiga KKM telah tercapai. Kata kunci: peningkatan, keterampilan menulis, puzzle, anak

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...