Jurnal Pendidikan Anak
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Anak

DINAMIKA PERILAKU AGRESIF ANAK YANG BERMAIN GAME PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK ABA WONOCATUR BANGUNTAPAN BANTUL

Delfiana Anggraini Permatasari (Unknown)
Sugito Sugito (Unknown)
Arumi Savitri F (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika perilaku agresif anak yang bermain game pada anak Kelompok B4 di TK ABA Wonocatur Banguntapan Bantul bedasarkan teori ABC (Antecedent, Behavior, dan Consequence). Alasan mengambil penelitian ini karena diketahui anak berperilaku agresif disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya karena faktor bermain game. Hal ini terlihat saat anak-anak tersebut menampilkan perilaku agresifnya seolah-olah sedang menirukan perilaku yang ada di game. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian yang dilakukan melibatkan subjek sebanyak 7 orang yang terdiri dari tiga orang orangtua anak, tiga anak yang berperilaku agresif, dan satu guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan teknik observasi. Hasil data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interaktif dengan mengunakan formula ABC (Antecedent, Behavior, dan Consequence). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa anak lebih sering berperilaku agresif dalam bentuk fisik dikarenakan terdapat anteseden yang mana diketahui anak tersebut telah memiliki kebiasaan bermain fighting game yang di dalamnya terdapat adegan berkelahi seperti memukul dan menendang. Ketika perilaku sudah terbentuk karena dipengaruhi anteseden maka akan muncul konsekuensi yang harus diterima oleh anak. Penyebab perilaku agresif anak selain bermain game juga dipengaruhi faktor peran orangtua dan teman sebaya. Kata kunci: perilaku agresif, game, peran orang tua

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Anak is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, ...