Mabha Jurnal
Vol 4 No 1 (2023): Mei 2023

Strategi Promosi Food and Beverage Department dalam Upaya Menarik Tamu Guna Meningkatkan Pendapatan di Hotel Horaios Malioboro

Dhian Anggraini, Fera (Unknown)
Zidha Rahmayanti, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu penyebab dikenalnya suatu negara di mata dunia, begitu juga dengan Indonesia. Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang dijadikan berbagai macam destinasi wisata, sehingga membuat Indonesia dikenal di mata dunia. Terdapat beberapa faktor pendukung tercapainya kesuksesan industri pariwisata, diantaranya adalah adanya dukungan dari segi transportasi, akomodasi, jasa boga dan restoran. Selain itu, ketiga faktor tersebut juga harus didukung oleh strategi promosi yang baik untuk mengembangkan industri pariwisata khususnya perhotelan. Hotel dan pariwisata merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Hotel memiliki peranan penting untuk menunjang keberhasilan operasional kegiatan pariwisata, karena dengan adanya hotel wisatawan dapat beristirahat dengan nyaman selama melakukan perjalanan wisatanya. Ketatnya persaingan hotel dewasa ini mengharuskan pihak manajemen hotel untuk menerapkan strategi promosi yang tepat agar dapat menaikkan tamu sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi Food and Beverage Department dalam upayanya untuk menarik tamu guna meningkatkan pendapatan di Hotel Horaios Malioboro.  Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ketatnya persaingan dunia perhotelan di Yogyakarta menjadi perhatian khusus bagi manajemen Hotel Horaios Malioboro untuk menerapkan strategi promosi melalui Food and Beverage Department. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Hotel Horaios Malioboro melaui Food and Beverage Department telah berhasil menaikkan jumlah tamu. Kenaikan jumlah tamu yang terjadi secara otomatis dapat menaikkan pendapatan hotel. Hal tersebut membuktikan bahwa strategi promosi yang tepat dapat mempengarui kenaikan jumlah tamu dan pendapatan hotel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mabha

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Mabha Journal aims to publish articles in the field of economics, tourism, and hotelier, including but not limited to research results, scientific studies and field cases. It has a purpose to provide a media for academics, researchers, experts and observers to communicate in the framework of ...