cover
Contact Name
Bening Melati Ningrum
Contact Email
beningmn@gmail.com
Phone
+6281374835175
Journal Mail Official
ejournal@mandalabhakti.ac.id
Editorial Address
Jalan Singosari Utara III, Nusukan, Banjarsari, Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Mabha Jurnal
ISSN : 27468941     EISSN : 27765598     DOI : -
Mabha Journal aims to publish articles in the field of economics, tourism, and hotelier, including but not limited to research results, scientific studies and field cases. It has a purpose to provide a media for academics, researchers, experts and observers to communicate in the framework of scientific development in the field of economics, tourism, and hotelier.
Articles 59 Documents
PENGARUH KETERSEDIAAN BARANG DI FOOD STORE & PENGAWASAN BARANG DATANG DI RECEIVING TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL FOOD & BEVERAGE PRODUCT DI THE SUNAN HOTEL SOLO Septi Wulandari; Dewi Puspita Sari
Mabha Jurnal Vol 1 No 1 (2020): November 2020
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang pengaruh ketersediaan barang di Food Store dan pengawasan barang datang di Receiving terhadap kelancaran operasional Food & Beverage Product di The Sunan Hotel Solo. Pokok permasalahan antara lain apakah terdapat pengaruh antara ketersediaan barang di Food Store dan pengawasan barang di Receiving terhadap kelancaran operasional Food & Beverage Product di The Sunan Hotel Solo. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 45 responden, secara spesifik teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui metode kuesioner, dari kuesioner yang disebarkan kepada responden dianalisis menggunakan model analisis Regresi Linier berganda dan Uji Hipotesis dengan Uji Parsial (t) dan Uji Simultan (F).
PENGARUH PENAWARAN & PENGETAHUAN PRODUK SALES DAN MARKETING TERHADAP MINAT KONSUMEN DI AMARELO HOTEL SOLO Erna Wigati; Nunung Supriati
Mabha Jurnal Vol 1 No 1 (2020): November 2020
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penawaran terhadap minat konsumen di Amarelo Hotel Solo, pengaruh pengetahuan produk terhadap minat konsumen di Amarelo Hotel Solo, dan pengaruh penawaran dan pengetahuan produk secara bersama-sama terhadap minat konsumen di Amarelo Hotel Solo. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden, secara spesifik, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah menggunkan model analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui metode kuesioner, dari kuesioner yang disebarkan kepada responden dianalisis menggunakan model analisis Regresi Linier berganda dan Uji Hipotesis dengan Uji Parsial (t) dan Uji Simultan (F). Hasil analisis data dengan uji t, menunjukan bahwa penawaran berpengaruh positif signifikan terhadap minat konsumen di Amarelo Hotel Solo sebesar 0,026, pengetahuan produk berpengaruh positif signifikan terhadap minat konsumen sebesar 0.011, selain itu dari uji F dikolom sig yang menunjukan 0,000 bahwa nilai signifikan lebih kecil dari nilai signifikan standar(0,05), sehingga penawaran dan pengetahuan produk berpengaruh positif secara bersama-sama atau simultan terhadap minat konsumen di Amarelo Hotel Solo. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa penawaran dan pengetahuan produk berpengaruh positif terhadap minat konsumen, dan secara bersama-sama penawaran dan pengetahuan produk berpengaruh positif terhadap Minat konsumen di Amarelo Hotel Solo.
PENGARUH PENGETAHUAN MENU & PELAYANAN WAITRESS DI BANQUET OUTLET TERHADAP KEPUASAN TAMU PADA SAAT EVENT WEDDING DI ALILA SOLO JAVA Tri Wahyuningsih; Kharir Khoirotunnisa
Mabha Jurnal Vol 1 No 1 (2020): November 2020
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengaruh pengetahuan menu dan pelayanan Waitress di Banquet Outletterhadap kepuasan tamu pada saat Event Wedding di Alila Solo Java. Peneliti akan membahas 3 (tiga) pokok permasalahan yaitu apakah pengetahuan menu berpengaruh terhadap kepuasan tamu pada saat Event Wedding di Alila Solo Java, apakah pelayanan Waitress di Banquet Outletberpengaruh terhadap kepuasan tamu pada saat Event Wedding di Alila Solo Java, dan apakah pengetahuan menu dan pelayanan Waitress di Banquet Outletsecara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan tamu pada saat Event Wedding di Alila Solo Java. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 35 responden, secara spesifik teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui metode kuesioner, dari kuesioner yang disebarkan kepada responden dianalisis menggunakan model analisis Regresi Linier berganda dan Uji Hipotesis dengan Uji Parsial (t) dan Uji Simultan (F). Hasil analisis data ditunjukan uji t, menunjukan bahwa pengetahuan menu berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan tamu sebesar 0,000, pelayanan Waitress di Banquet Outletberpengaruh positif terhadap kepuasan tamu sebesar0,036, selain itu dari uji F dikolom sig yang menunjukan 0,000 bahwa nilai signifikan lebih kecil dari nilai signifikan standar (0,05), bahwa pengetahuan menu dan pelayanan Waitress di Banquet Outletberpengaruh positif terhadap kepuasan tamu. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalahpengetahuan menu dan pelayanan Waitress di Banquet Outletberpengaruh positif terhadap kepuasan tamu, secara bersama-sama pengetahuan menu dan pelayanan Waitress di Banquet Outletberpengaruh positif terhadap kepuasan tamu pada saat Event Wedding di Alila Solo Java.
PERAN KULINER DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN DI GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU Surjo Sulistijo; Fredy Pratama Mulya
Mabha Jurnal Vol 1 No 1 (2020): November 2020
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kuliner wisata merupakan ciri khas di Grojogan Sewu Tawangmangu dimana ini sebuah unggulan dan sebagai modal dalam menarik minat berkunjung bagi wisatawan. Terdapatnya sebuah ciri khas kuliner di Tawangmangu merupakan ketertarikan masyarakat sekitar untuk turut serta membuktikan bahwa kuliner sate kelinci dapat menjadi sebuah incaran bagi wisatawan yang berkunjung di Grojogan Sewu. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran kuliner dalam meningkatkan daya tarik wisatawan di Grojogan Sewu Tawangmangu, untuk mengetahui apakah kuliner khas Tawangmangu mampu menarik wisatawan untuk berkunjung di Grojogan Sewu Tawangmangu dan kendala yang dihadapi oleh pemilik kuliner maupun wisatawan di Grojogan Sewu Tawangmangu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif memberikan gambaran dan uraian tentang peran kuliner dalam meningkatkan daya tarik wisatawan di Grojogan Sewu Tawangmangu. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya, serta wawancara dengan sepuluh responden. Hasil dari penelitian tersebut adalah peran kuliner dalam meningkatkan daya tarik wisatawan di Grojogan Sewu Tawangmangu, terhadap pelaku kuliner penjual dan pengunjung masih terdapat kendala yang dihadapi: (1) minimnya rambu – rambu untuk pengunjung dari pengelola, (2) kurangnya fasilitas untuk berteduh pada saat hujan di sekitar area Grojogan.
PENGARUH FASILITAS HOTEL & KUALITAS PELAYANAN DEPARTEMEN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI SYARIAH HOTEL SOLO Ratih Puji Astuti; Khoirun Nisa
Mabha Jurnal Vol 1 No 1 (2020): November 2020
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas hotel dan kualitas pelayanan departemen pemasaran secara simultan terhadap kepuasan tamu, fasilitas hotel secara signifikan terhadap kepuasan tamu, kualitas pelayanan departemen pemasaran secara signifikan terhadap kepuasan tamu di Syariah Hotel Solo. Peneliti akan membahas 3 (tiga) pokok permasalahan yaitu (1) apakah fasilitas hotel berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan tamu di Syariah Hotel Solo, (2) apakah kualitas pelayanan departemen pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan tamu di Syariah Hotel Solo, (3) apakah fasilitas hotel dan kualitas pelayanan departemen pemasaran memiliki pengaruh secara simultan terhadap kepuasan tamu di Syariah Hotel Solo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui metode kuesioner. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden, teknik pengambilan sempel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan Uji Parsial (uji t) dan Uji Simultan (uji f) dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) hasil analisis data dengan uji parsial (t), menunjukan bahwa fasilitas hotelberpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan tamu sebesar 0,019, (2) kualitas pelayanan departemen pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan tamu sebesar 0,001, (3) hasil analisis uji simultan (f) yang menunjukan sig 0,000 bahwa nilai signifikan lebih kecil dari nilai standar (0,05), sehinggafasilitas hotel dan kualitas pelayanan departemen pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan tamu. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa bahwa fasilitas hotel dan kualitas pelayanan departemen pemasaranberpengaruh positif terhadap kepuasan tamu, secara bersama-sama bahwa fasilitas hotel dan kualitas pelayanan departemen pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan tamu di Syariah Hotel Solo.
PERAN DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI OBJEK WISATA CANDI SUKUH KABUPATEN KARANGANYAR Wahyu Ari Indriastuti; Nico Ferdian
Mabha Jurnal Vol 1 No 1 (2020): November 2020
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar adalah salah satu organisasi pemerintah Kabupaten Karanganyar yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan urusan pemerintah dibidang kepariwisataan .Fungsi dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar adalah mengelola daya tarik wisata dan mengembangakan wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar salah satunya yaitu Candi Sukuh Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Peran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam mengembangkan sumber daya manusia di Candi Sukuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang di peroleh dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan alisis data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peran Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga dalam mengembangkan sumber daya manusia di Candi Sukuh. Pihak dinas selalu melakukan pembinaan, pendampingan dan penganggaran dari segi fasilitas dan juga sebagai koordinator, fasilitator, dan stimulator. Potensi yang dimiliki Candi Sukuh yakni berupa upacara budaya yang dilakukan setiap akhir tahun dan wisata alam sekitar Candi Sukuh dan mengetahui apa saja yang menjadi kendala selama ini dalam mengembangkan sumber daya manusia.
PENGARUH STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR TERHADAP KINERJA KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK (MAKANAN) DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL YELLOW STAR AMBARUKMO Fera Dhian Anggraini; Savitri Ika
Mabha Jurnal Vol 2 No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hubungan antara industri perhotelan dengan pariwisata sangatlah erat. Hal ini dikarenakan industri perhotelan menjadi salah satu tulang punggung yang mendukung pembangunan sektor pariwisata. Banyak sekali kontribusi industri perhotelan yang berimplikasi bagi perkembangan pariwisata. Akomodasi perhotelan tidak dapat dipisahkan dengan pariwisata. Tanpa kegiatan kepariwisataan akomodasi perhotelan akan lumpuh. Sebaliknya pariwisata tanpa hotel merupakan suatu hal yang tidak mungkin bisa berjalan sempurna.  Sejalan dengan hal tersebut, perkembangan industri perhotelan semakin berkembang, terutama di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Sebagai salah satu contohnya adalah Hotel Yellow Star Ambarukmo yang berada di wilayah Kota Yogyakarta. Hotel Yellow Star Ambarukmo mempunyai berbagai fasilitas yang dapat ditawarkan kepada para wisatawan, salah satunya adalah dengan melayani tamu maupun wisatawan yang berkunjung untuk menikmati makanan yang disediakan oleh Hotel Yellow Star Ambarukmo. Di dalam sebuah organisasi hotel, Food and Beverage Department adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta professional. Bentuk pelayanan yang baik terhadap tamu hotel harus dilakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada dan berlaku di hotel tersebut. SOP adalah dokumen tertulis yang memuat prosedur kerja secara rinci, tahap demi tahap, dan sistematis. Kinerja yang baik akan mempengaruhi hasil dari kualitas makanan yang kemudian akan menjadi salah satu faktor yang menentukan penilaian kepuasan tamu atau konsumen. Penelitian ini membahas mengenai dampak SOP terhadap kinerja karyawan dalam meningkatkan kualitas produk (makanan) serta kepuasan tamu di Hotel Yellow Star Ambarukmo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SOP guna meningkatkan kualitas produk (makanan) pada food and beverage product depaartment di Hotel Yellow Star Ambarukmo belum sepenuhnya terlaksana dengan baik dikarenakan ada beberapa karyawan hotel yang belum sepenuhnya menaati SOP yang telah ditentukan. Hal ini dapat berpengaruh pada kepuasan tamu yang akan berimbas pada pendapatan hotel.
PERAN DINAS PEMUDA OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN BOYOLALI TERHADAP PENGEMBANGAN WISATA ALAM GANCIK DI BOYOLALI Wahyu Ari Indriastuti; Arnes Anandita; Sulastri
Mabha Jurnal Vol 2 No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Boyolali adalah salah satu organisasi pemerintah Kabupaten Boyolali yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menyelenggarakan urusan pemerintah dibidang kepariwisataan. Fungsi dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Boyolali adalah mengelola daya tarik wisata dan mengembangakan tempat rekreasi yang ada di wilayah Boyolali salahsatunya yaitu Bukit Gancik Selo Boyolali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Peran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata terhadap pengembangan wisata alam Gancik Selo Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang di peroleh dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi,  dokumentasi, dan analisis data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hal yang harus dikembangkan di wisata alam Gancik adalah dari segi keamanan dan pemasaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan wisata alam Gancik Selo Boyolali adalah faktor lingkungan dilihat dari pemandangan alam yang dapat memberikan daya tarik bagi wisatawan untuk datang, faktor pemasaran melalui internet, website dan periklanan, pemasangan pamflet, dan faktor budaya yaitu adanya pertunjukan tari topeng ireng dan buto gedruk. Peran Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata terhadap perngembangan wisata alam Gancik Selo Boyolali adalah pihak dinas selalu melakukan pembinaan, pendampingan dan penganggaran dari segi fasilitas dan juga sebagai koordinator,  fasilitator, dan stimulator.
PERAN PEMBELIAN DAN DISTRIBUSI BARANG TERHADAP INVENTORY STORE DEPARTEMEN ACCOUNTING DI HARRIS HOTEL & CONVENTION SOLO Arnes Anandita; Wahyu Ari Indriastuti; Sundari Ayu Kusuma
Mabha Jurnal Vol 2 No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai peran pembelian dan distribusi terhadap inventory Harris Hotel & Convention Solo. Dalam penelitian ini penulis membahas tiga (3) pokok permasalahan yaitu bagaimana peran pembelian barang terhadap inventory store departemen accounting di Harris Hotel & Convention Solo, bagaimana peran distribusi barang terhadap inventory store departemen accounting di Harris Hotel & Conventin Solo, dan bagaimana peran pembelian dan distribusi barang terhadap inventory store departemen accounting di Harris Hotel & Convention Solo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dengan staf accounting seperti cost control, purchasing dan storekeper di Harris Hotel & Convention Solo serta melakukan pengamatan secara langsung mengenai peranan pembelian dan distribusi barang terhadap inventory store departmen accounting di Harris Hotel & Convention Solo. Dari hasil pembahasan peneitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelian barang sangat berperan terhadap inventory store Harris Hotel & Convention Solo. Barang yang telah datang akan di-input oleh receiving dalam DRR (Daily Receiving Report) dan secara otomatis akan menambah persediaan/stok di dalam sistem yang dimiliki oleh accounting hotel. Distribusi barang berperan terhadap inventory store Harris Hotel & Convention Solo. Distribusi barang hotel merupakan perpindahan barang dari store ke departemen lain atau user. Beberapa peran tersebut yakni, mengurangi jumlah persediaan/stok/inventory pada sistem milik accounting, menambah jumlah persediaan/stok/inventory pada sistem milik user (departemen lain), dan menjadikannya cost bagi user (departemen lain).
ALASAN YANG MENDORONG KONSUMEN MENGONSUMSI KOPI SINGLE ORIGIN DI UP DATE COFFEE Erfina Maulidah Khabib; Surjo Sulistijo
Mabha Jurnal Vol 2 No 1 (2021): Mei 2021
Publisher : Akparta Mandala Bhakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan apa saja yang mendorong konsumen mengonsumsi kopi single origin di Up Date Cafe and Resto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kopi single origin begitu identik dengan Up Date Coffee dan menjadi menu yang disukai konsumen karena cerita dibalik nama single origin sehingga ada tiga faktor yang terbentuk setelah dilakukannya wawancara. Merek produk yang memiliki cita rasa tersendiri dari setiap produk, harga yang terjangkau dengan fasilitas yang modern, penyajian yang unik, dan proses pembelajaran pada konsumen medorong keinginan konsumen untuk membeli secangkir kopi single origin di Up Date Cafe and Resto.