Biro perjalanan wisata merupakan salah satu jasa wisata yang menyediakan jasa layanan wisata mulai dari penjemputan, pelayanan selama berwisata sampai akhir perjalanan wisata. Dalam memberikan pelayanan yang prima, biro perjalanan wisata dituntut untuk memberikan standar kualitas pelayanan yang dapat menunjang kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan PT. Gemintang Wisata Haluna (WH Tour) Yogyakarta terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling dan purposive sampling yang tergolong dalam non probability. Besarnya sampel yang dianggap mewakili dalam penelitian dapat dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh sampel sebanyak 30 orang dengan ketentuan 20 orang responden dipilih secara purposive. Hasil penelitian dengan menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan yang meliputi (1) kehandalan (reliability), (2) daya tanggap (responsiveness), (3) kepastian (assurance), (4) empati (empathy), dan (5) bukti fisik/nyata (tangible) menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan PT. Gemintang Wisata Haluna (WH Tour) Yogyakarta sesuai dengan harapan pelanggan atau dapat dikatakan memperoleh tanggapan baik yaitu sangat puas dan puas. Dapat disimpulkan bahwa rata – rata penilaian kualitas pelayanan sumber daya manusia (karyawan) sudah sangat baik atau rata-rata sudah baik dimana hampir semua pelanggan menyatakan kepuasannya dilayani oleh PT. Gemintang Wisata Haluna (WH Tour) Yogyakarta.
Copyrights © 2023