LINEAR: Journal of Mathematics Education
Vol 3 No 2 (2022): Volume 3 Nomor 2 Desember 2022

PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI MATRIKS

Brayenxt Erlangga (IAIN Metro)
Sri Wahyuni (IAIN Metro)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Pengembangan ini dilakukan karena respon peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika pada materi matriks disebabkan pendidik masih menggunakan media pembelajaran yang kurang menarik akibatnya membuat peserta didik bosan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan media video animasi matematika berbasis powtoon pada materi matriks; (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap hasil pengembangan media video animasi matematika berbasis powtoon pada materi matriks. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) atau R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development dan Implement. Lokasi Penelitian di SMK Negeri 3 Metro. Subyek dalam penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas XI TKJ A di SMK Negeri 3 Metro. Materi yang dikembangkan adalah materi matriks. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 88% dengan jawaban “sangat valid” nilai persentase ahli media pertama sebesar 93%, ahli media kedua sebesar 84%, dan ahli materi sebesar 98% kemudian respon peserta didik terhadap pengembangan media video animasi pembelajaran pada materi matriks pada saat uji coba produk memperoleh jawaban “menarik” dengan nilai rata-rata persentase sebesar 71%. Maka, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon pada materi matriks sudah layak dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...