Pandemi Covid-19 telah meningkatkan kemiskinan ekstrem di Indonesia. Sektor perekonomian juga terhambat. Akibatnya banyak suami yang kehilangan pekerjaan karena PHK atau meninggal dunia akibat Covid-19, sehingga banyak perempuan yang terpaksa menjadi tulang punggung menghidupi keluarga. Produk PMD Grameen Bank merupakan salah satu solusi bank syariah untuk membantu para ibu menjadi wirausaha guna membantu perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Customer Relationship Management yang dilakukan Bank Syariah dalam melakukan penetrasi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan paradigma konstruktivis dan pendekatan penelitian menggunakan studi kasus dan analisis interaksi simbolik oleh George Herbert Mead. Pengumpulan data Teknik yang digunakan adalah studi wawancara, observasi, studi literatur jurnal, dan pemberitaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pemasaran yang digunakan adalah model pemasaran 360 derajat. (1) Pengembangan komunitas UKM. Pengembangan komunitas ini diawali dengan memanfaatkan opinion leader untuk mengumpulkan perempuan UKM di lingkungan sekitar yang berminat mengikuti pelatihan. Mereka mengadakan pertemuan (PRS) setiap dua minggu sekali untuk memberikan edukasi mengenai produk yang ditawarkan dan pendidikan kewirausahaan. Selanjutnya masyarakat diberikan pelatihan singkat selama dua minggu untuk melihat semangat dan keseriusan mereka dalam berbisnis. Penilaian secara individu dan kelompok kembali dilakukan untuk melihat apakah kelompok binaan layak mendapatkan pendanaan usaha (2) Penggunaan opinion leader untuk membujuk orang-orang disekitarnya agar tertarik mengikuti program PMD. Opinion leader yang digunakan adalah ketua PKK, ketua RT, RW, atau perangkat desa. (3) Penetrasi pasar juga dilakukan melalui pemasaran digital dengan menggunakan grup Whatsapp komunitas.
Copyrights © 2021