Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 2 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Faktor Penentu Purchase Intention E-Commerce International: Efek Mediasi dari Trust

Cindy Fransiska (Universitas Internasional Batam)
Candy Candy (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Purchase intention merupakan kecenderungan pelanggan untuk mempertimbangkan melakukan pembelian suatu barang. Penelitian ini menganalisis pengaruh brand ambassador, electronic word of mouth, service quality, website quality dan trust terhadap purchase intention dengan metode pengumpulan data primer. Kuesioner disebar kepada responden yang pernah berbelanja di e-commerce luar negeri seperti Taobao, Alibaba, Amazon dan lain sebagainya, yang berjumlah 380 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen secara bersamaan memiliki pengaruh signifikan terhadap trust dan purchase intention. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa trust berhasil memediasi variabel independen terhadap purchase intention. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut maka akan meningkat niat beli konsumen.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...