Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model brainwriting dan metode partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XI-H Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI-H Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan berjumlah 33 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model brainwriting dan metode partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu 8.818 dengan standar deviasi 6.013 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka diterima dan ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan postest.
Copyrights © 2024