Scientificum
Vol. 1 No. 1 (2024): January

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Open Ended di Sekolah Dasar

Rahmadatun Agustina (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada Volume kubus dan balok siswa kelas V UPT SD Negeri 011 Sungai Jalau Hal tersebut dapat dilihat dari soal yang dikerjakan siswa, yaitu dibawah nilai 70. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa menggunakan model pembalajaran open ended pada pembelajaran matematika. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Subyek pada seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data : tes, observasi, angket dan dokumentasi. Siklus I sebesar 47,82% meningkat, siklus lI menjadi 82,60% secara klasikal. Berdasarkan penelitian ini, terkait dengan variabel kemampuan berpikir kritis menggunakan model open ended dikatakan meningkatkan, sehubung dengan itu, dapat dikatergorikan bahwa berpikir rasional dalam memecahkan masalah yang diimbangi dengan bertanggung jawab atas resiko atau permasalahan dengan penyelesaian terbuka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

scientificum

Publisher

Subject

Other

Description

Scientificum publishes the result of literature studies as well as research result in the scope of education in general and basic education in particular. The study cover education and learning in education, guidance and counselling in ...