Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SD dengan pembelajaran Discovery Learning. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan matematis  tingkat tinggi  yang  harus diajarkan sejak dini dimulai dari sekolah dasar. Melaui kegiatan Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) ini  diharapkan mampu memotivasi guru-guru agar membiasakan siswa untuk menyelesesaikan soal-soal kontekstual dibandingkan dengan soal langsung. Dari hasil pengamatan melalui kegiatan PDS, siswa yang mulanya pasif ketika mendapatkan soal-soal kontekstual namun setelah dibiasakan dengan soal-soal pemecahan masalah melalui pembelajaran  discovery learning  terlihat siswa lebih aktif dan antusian dalam mengerjakan soal tersebut. Siswa sudah mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan melakukan pengecekkan kembali semua langkah yang dikerjakan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021