Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Model Team Group Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Sulastri, Sulastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PKN. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa dengan Cooperative Learning Model Team Group Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada pembelajaran ini dilaksanakam sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil belajar siswa pada kegiatan prasiklus diperoleh rata-rata 76,84%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,94% dimana ada peningkatan 2,1% dari kegiatan prasiklus, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 85,26%. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN 013 Sukamaju. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran cooperative learning model team group tournament (tgt) dalam meningkatkan prestasi belajar PKN pada siswa kelas II SDN 013 Sukamaju Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...