Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 1 No. 1 (2024)

Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di Sekolah Dasar

Yusmidarnis, Yusmidarnis (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik di kelas V SDN 019 Rokan IV Koto. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan kolaborasi antara guru kelas. Penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 019 Rokan IV Koto, yang terdiri dari 26 peserta didik, dengan 14 peserta laki-laki dan 12 peserta perempuan. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan observasi. Tes tertulis digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman, sedangkan observasi bertujuan untuk memantau aktivitas peserta didik dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik di kelas V SDN 019 Rokan IV Koto. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Terjadi peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I pertemuan I (66,92 dan 30,76%) ke siklus I pertemuan II (74,03 dan 46,15%). Kemudian, terjadi peningkatan lagi pada siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata 79,80 dan persentase ketuntasan klasikal 73,07%, dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan II menjadi 92,50 dengan persentase 92,30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode SQ3R efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V di SDN 019 Rokan IV Koto.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...